ISD SEBAGAI
SALAH SATU MKDU
1.
PENDAHULUAN
Pendidikan Tinggi diharapkan dapat menghasilkan
sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang tediri atas :
a.
Kemampuan akademik,
b.
Kemampuan profesi dan
c.
Kemampuan pibadi
Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi
telah diusahakan
melalui mata kuliah keahlian(MKK),yaitu mata-mata kuliah menurut bidang
ilmu pengetahuan masing-masing yang
diberikan di perguruan tinggi.
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dapat
dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam Mata Kuliah Dasar
Umum (MKDU) yang terdri dari dari atas mata-mata kuliah : Pancasila, Agama,
Kewiraan, Pendidikan Sejarah Bangsa, Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial
Dasar (ISD), Ilm Budaya Dasar (IBD)
Tema
pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara
manusia dengan lingkungannya.
2.
ISD : PENGERTIAN,
TUJUAN, ISD DAN IPS
Berdasarkan sumber filsafat
yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat
dikelompokan menjadi 3 :
a. Natural Sciences
(Ilm-ilmu Alamiah), meliputi: fisik, kimia, astronomi, biologi dan lainlain
b. Sosial Sciences
(Ilmu-ilmu sosial), terdiri dari : sosiologi, ekonomi, politik antropologi,
sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain
c. Humanities (Ilmu-ilmu
budaya), meliputi: bahasa, agama,kesusastraan, kesenian dan lain-lain
TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata
Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar memunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
a. Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyaaan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada
dalam masyarakat
b. Peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya
c. Menyadari bahawa
setiap maslah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat komlek dan
hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner
d. Memhami jalan
ikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi
dengan mereka dalam rangka penanggulannya masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat.
3.
ILMU SOSIAL
DASAR DAN ILM PENGETAHUAN SOSIAL
Persamaan dari ilmu keduanya:
a. Keduanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan progam pendidikan/pengajaran
b. Keduanya bukan
disi[lin ilmu yang berdiri sendiri
c. Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
4.
RUANG LINGKUP
ILMU SOSIAL DASAR
Bahan pelajaran dari Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan
atas 3 golongan yaitu:
a. Kenyataan-kenyataan
sosil yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial
tertentu
b. Konsep-konsep sosial
atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada
konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
c. Masalah-masalah sosial
yang timbul dalam masyarkat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataansosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsim antar bidang telah
mendpatakan bahwa perkliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 pokok bahasan.
Dari kedelapan pokokbahasaan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu
Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya
1. Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah
individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda
dan sosisalisasi.
4. Masalah hubungan
antarawarga Negara dan Negara.
5. Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah
masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan imu
pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.S

Tidak ada komentar:
Posting Komentar